yandex
feature news

Capaian Setahun Jose Mourinho bersama Spurs: Saya Bahagia Bisa Disini

Feature News – Jose Mourinho berkata mengenai tahun pertamanya bersama dengan Tottenham, pendapatnya perihal Harry Kane, Gareth Bale dan tantangan hadapi Man City. Satu tahun selanjutnya hari ini, Jose Mourinho menjadi pelatih kepala klub asal London Utara, Tottenham.

Mou menuturkan, dia bekerja di klub barunya 12 bulan lalu bersama banyak malam tanpa tidur. Tapi saat ini dia bahagia karena kemajuan sudah dicapai. Spurs berada di rangkaian ke-14 didalam tabel Liga Premier kala Mourinho masuk ke klub, dengan cuma berhasil menghimpun 14 poin berasal dari 12 pertandingan.

Hari ini, menjelang pertandingan hari Sabtu melawan Manchester City, mereka berada di alur kedua, bersama dengan 17 poin berasal dari delapan pertandingan.

Mengutip laporan berasal dari Sky Sports, Mourinho, memberikan sebagian pandangannya tentang perjalanannya bersama dengan The Lily Whites sejauh ini.

Perasaan yang bagus

Setelah mengalahkan West Brom pada laga terakhir, Tottenham naik ke puncak klasemen untuk pertama kalinya sejak 2014. Meski tidak berjalan lama, cuma beberapa jam, tapi itu cukup bagi Jose untuk memposting video dirinya di Instagram, laksanakan sedikit selebrasi.

“Ini perasaan yang bagus,” katanya.

“Itu bermakna kami melakukannya bersama dengan amat baik. Kami melakukan pekerjaan yang baik di pasar (red: bursa transfer), kami jalankan pekerjaan yang baik di dalam pramusim singkat kami.

“Kami memulai Liga Premier dengan kekalahan 1-0 di kandang dari Everton dan itu tidak merubah stabilitas kita dan keyakinan kami yang merupakan perihal yang terlampau penting.

“Selama musim ini kita akan kalah berkali-kali, dan terlalu mutlak untuk punya keyakinan, stabilitas, dan kedewasaan itu.

“Kami meniti peristiwa yang bagus. Kami tidak mengalami cedera penting, kami bermain bagus, dan kami memenangkan pertandingan.”

Hanya persoalan waktu

Mourinho bersikeras bahwa Harry Kane dapat menjadi pencetak gol terbanyak selama masa Tottenham.

Kane tertinggal 65 gol di belakang Jimmy Greaves, tetapi hanya 27 gol.

“Dia masih muda. Tentu saja, dia akan berhasil,” kata Jose.

“Dia miliki kala bertahun-tahun untuk bermain, menjadi menurutku itu bukan masalah. Ini hanya soal waktu. Kapan, itu hanya satu pertanyaan.”

Penampilan gemilang Kane berkunjung cuma sebagian bulan sehabis Paul Merson perlihatkan kesangsian besar bahwa dia bisa berkembang di tim Mourinho. Manager asal portugal itu membuktikan bahwa kritik kepada dirinya mengenai kane salah.

harry kane
harry kane

“Saya pikir untuk para pakar, itu serupa seperti bagi kami para pelatih. Terkadang kami benar, kadang kala kita salah,” katanya.

“Saya tidak dulu cemas tentang itu. Saya sadar kualitas pemain, aku sadar aku mempunyai rancangan untuk model permainan tertentu. Kami banyak membahasnya secara internal. Saya, Joao Sacramento (asisten pelatih kepala Spurs) dan para analis tahu. Harry tidak bakal mempunyai kasus di dalam tim layaknya kami, menjadi bagi kami itu tidak dulu jadi pertanyaan. ”

Pada awal tahun ini, Kane dilanda hamstring kiri pas bertandang ke stadion St Mary Southampton. Itu merupakan kerugian besar, saat Tottenham telah menderita sebagian cedera serius. Menyusul kemudian Heung-Min Son tujuh minggu kemudian.

Liverpool mengalami cedera serupa musim ini. Mirip, tapi tidak bisa saja sama, kata Mourinho. Krisisnya ada di depan, Liverpool tersedia di pertahanan.

“Sulit untuk memperbandingkan sebab bagi kami itu adalah akumulasi berasal dari cedera seluruh di posisi yang sama dan aku biasa menyebutkan bahwa striker dan penjaga gawang adalah orang-orang yang tidak bisa Anda tukar gara-gara jikalau Anda kehilangan bek kanan Anda akan punya bek sedang yang mampu beradaptasi di sana, ” ujarnya..

“Jika Anda kehilangan seorang gelandang, Anda akan memiliki lebih dari satu pemain sayap atau bek tengah yang bakal melaksanakan tugasnya untuk Anda, dan sesudah itu dan seterusnya.

“Pencetak gol tidak tersedia peluang. Anda tidak miliki bek kiri yang akan bermain sebagai striker. Jadi, kala kami kehilangan Harry dan Sonny, tim berada dalam kondisi di mana kita tidak punyai peluang.”

Masih Banyak yang Bisa Kami Lakukan

Di tengah kemunduran cedera Tottenham, Jose menggunakan metafora selimut untuk melukiskan batasan skuadnya sementara itu.

“Ini seperti dikala Anda mempunyai selimut di area tidur Anda dan Anda mendorong selimut dan kaki Anda nampak dan Anda punya kaki yang dingin, selanjutnya Anda menutupi kaki Anda dan setengah tubuh Anda berada di luar selimut,” katanya pada bulan Februari.

Sepuluh bulan, dan jendela transfer musim panas kemudian, selimutnya cukup besar.

“Iya. Skuadnya bagus. Skuadnya diimbangi dengan dua pemain per posisi, and pemain multifungsi,” ucapnya.

“Kami miliki skuad yang benar-benar bagus. Tentu saja, ada skuad top lainnya di negara dan klub yang memiliki keistimewaan di dalam hubungannya bersama kami, tapi aku terlalu bahagia dan aku pikir kita bisa melaksanakan hal-hal baik. Saya suka group saya!”

Gareth Bale Menginspirasi Semua orang

Gareth bale
Gareth bale

Mourinho yakin pengalaman Gareth Bale didalam memenangkan banyak perihal mampu menjadi faktor besar didalam mendorong trofi.

“Penting terkecuali orang lain menerima pengalaman dan ilmu itu dan kecuali mereka menanggulangi level dan kedisiplinan untuk memenangkan hal-hal yang mesti Anda miliki,” katanya.

Mourinho percaya pengalaman Gareth Bale di dalam memenangkan trofi terbesar didalam sepak bola mampu menginspirasi Spurs untuk capai trofi mereka sendiri.

Dan dia yakin dia memandang tanda-tanda itu.

“Saya suka cara skuad aku tumbuh. Saya senang langkah mereka bereaksi pada kekalahan melawan Everton dan ‘kekalahan’ melawan West Ham,” katanya.

“Saya puas langkah kami menangani hal-hal negatif. Tapi saya mengerti cara Anda menanggulangi momen-momen besar terhitung amat penting. Saya suka langkah tim saya berperilaku sesudah skor 6-1 di Old Trafford.

“Saya suka langkah tim berperilaku sehabis jadi yang paling atas di liga, bahkan untuk sebagian jam!”

Kelemahan Saya adalah Orang tua dan anak-anak

mourinho mengapresiasi ballboy callum hynes
mourinho mengapresiasi ballboy callum hynes

Setelah asumsi cepat ball boy (anak gawang) Callum Hynes menghasilkan gol untuk Harry Kane melawan Olympiakos, Mourinho membawa dirinya untuk bersua bersama dengan seluruh skuad menjelang pertandingan berikutnya.

“Itu suatu hal yang wajar bagi saya,” katanya. “Kerapuhan aku adalah anak-anak dan orang tua.”

Ball boy Callum Hynes, 15, menemukan ketenaran setelah pemikirannya yang cepat menolong menyamakan kedudukan Liga Champions Harry Kane melawan Olympiacos

Kerapuhan orang-orang tua itu keluar bersama sendirinya sepanjang penguncian, dikala Jose menjadi sukarelawan di bank makanan .

Tapi, ulang ke anak-anak, atau lebih khusus kembali para pemain muda dan kesediaan Mourinho untuk memberi tambahan peluang kepada para pelatih muda. Untuk mempromosikan mantan pemain menjadi staf pelatih. Michael Carrick di Manchester United. Dan saat ini Ledley King di Spurs.

“Saya percaya terhadap budaya klub. Budaya klub adalah sesuatu yang wajib Anda pahami, Anda perlu rasakan. Jadi, miliki satu asisten bersama dengan budaya itu membantu. Saya bekerja dengan Ledley lebih dari satu kali. Dia pernah di Akademi dan berkunjung kepada kita dengan pemain muda, “jelas Mourinho.

“Kami pergi kepadanya sebagian kali untuk beberapa pertemuan, dan kami mengerti terhadap bagian awal bahwa dia bakal jadi orang klub yang akan berhimpun bersama dengan kami. Dia menolong kami, namun kita juga membantunya tumbuh sebagai pelatih dan merasakan termotivasi dan tertantang oleh level kami.

“Jadi, saya terlampau bahagia dengan peluang yang saya memberikan kepadanya dan aku termasuk benar-benar puas bersama apa yang dia memberikan kepada kami.”

Tak Percaya Takhayul

mourinho dan pep guardiola
mourinho dan pep guardiola

Seperti biasa, Mourinho menolak untuk menghibur pembicaraan mengenai persaingan sengit antara keduanya. “Tidak mirip sekali. Saya konsisten menyebutkan ini, tidak serupa sekali,” tegasnya kala ditanya apakah mengalahkan City akan jadi perihal yang istimewa.

“Saya cuma ingin meraih 20 poin sehabis pertandingan.”

Hasil seperti musim selanjutnya bakal benar-benar cocok untuk Mourinho. Spurs mengalahkan City 2-0, dan segera sehabis Jose meraih potongan rambut yang amat pendek, nyaris layaknya model Pep.

banyak yang mengaitkan itu bersama dengan sebuah kepercayaan atau takhayul? Akankah dia memperoleh peringkat No 1 lagi jikalau Tottenham menang kali ini?

“Tidak mirip sekali. Saya amat kebalikan dari orang yang percaya takhayul,” dia tertawa. “Dalam sepakbola begitu banyak orang hidup tergantung terhadap kebiasaan dan selalu melaksanakan hal yang serupa kalau Anda menang. Saya sebaliknya. Saya hanya tidak acuhkan tentang itu.”

Adapun City, dia menyatakan itu dapat jadi pertandingan yang lebih berat akhir pekan ini di bulan Februari.

“Saya pikir mereka lebih sulit saat ini daripada sebelumnya. Ketika kami melawan mereka, Liverpool (sudah) juara, menjadi bermain sepanjang sebagian bulan dengan sadar hal ini, saya bisa berkhayal mereka kehilangan aspek ambisius itu,” katanya.

“Sekarang terlalu berbeda. Sekarang liga terlalu terbuka. Sepertinya mereka enam poin di belakang Leicester tapi mereka tidak. Mereka punya satu pertandingan di tangan, jadi Manchester City adalah kuda yang amat mutlak di dalam perlombaan merebut gelar ini.”

Sumber: Skysports Football

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button